REDAKSI SUARA RAKYAT BEKASI.JL. MAYOR HASIBUAN NO.14 BEKASI,JAWABARAT,INDONESIA.
email.suararakyatbekasi@gmail.comHOTLINE.HP.087878753510 - Biro Bekasi : JUHADI 02196607362 , HERU ASWAN 081997143007




pemdakota bekasi logo


Total Tayangan Halaman

Senin, 01 Agustus 2011

Pegawai Negeri Sipil Kota Bekasi di rasionalisasi untuk perampingan struktur

Suara Rakyat Bekasi - Bekasi, Pelaksana tugas (PLT) Walikota Bekasi, Rahmat Effendi mengakui jumlah pns di lingkungan pemkot Bekasi, saat ini sudah terlalu banyak. Dia mempertimbangkan adanya rasionalisasi pegawai  demi merampingkan struktur organisasi.

Pekan lalu mengatakan bahwa jumlah pns termasuk guru saat ini sudah mencapai 18.000 orang lebih. Belum lagi pegawai berstatus tenaga kerja kontrak (tkk) sekitar 5000 orang. " untuk menggaji tkk saja , tahun ini butuh anggaran Rp.50 miliar lebih. Jujur saja , dibandingkan jumlah warga kota bekasi sebanyak 2, 3 juta , jumlah pegawai saat ini sudah berlebihan. Rasionalisasi jadi salah satu pertimbangan, tapi tidak bisa dilakukan dalam sekejap, karena ini menyangkut persoalan perut,'' ungkap nya.

''Saat ini 55 persen APBD kota Bekasi di peruntukan bagi belanja barang, operasional dan pegawai, sementara 45 persen nya untuk belanja publik, idealnya 60 persen APBD di gunakan untuk belanja publik, dan 40 persen sisanya untuk belanja pegawai. '' paparnya lebih lanjut   

Dengan jumlah pegawai yang berlebihan , jalannya birokrasi tidak efektif dan efisien, Dia menegaskan bahwa beberapa tahun mendatang , tidak akan ada lagi penerimaan PNS yang baru, PNS yang yang ada saja yang perlu di tingkatkan kinerja dan moralitasnya, 

''Pihak pemkot sedang mengkaji langkah apa yang akan di tempuh untuk merampingkan birokrasi dan struktur organisasi di lingkup pemkot Bekasi. '' Mekanisme seperti apa yang akan di tempuh , BKD ( badan kepegawaian daerah ) sedang konsultasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Exsekusinya seperti apa, perlu landasan payung hukum.'' tuturnya.