REDAKSI SUARA RAKYAT BEKASI.JL. MAYOR HASIBUAN NO.14 BEKASI,JAWABARAT,INDONESIA.
email.suararakyatbekasi@gmail.comHOTLINE.HP.087878753510 - Biro Bekasi : JUHADI 02196607362 , HERU ASWAN 081997143007




pemdakota bekasi logo


Total Tayangan Halaman

Senin, 26 September 2011

OKKY SYAHPUTRA : Pelajar dan Remaja perlu di bekali Pendidikan Etika Berteknologi


Suara Rakyat Bekasi – Bekasi , Sosok anak muda yang smart terlihat dalam figur Okky Syahputra , ketika di kunjungi di Gloria Jeans Coffee Bekasi Cyber Park, Sosok anak muda yang sangat memahami bidang IT , sangat ramah menyambut suara rakyat bekasi, dalam pandangan Okky syahputra , dalam dunia  IT perlu nya ada nya etika , ketika memulai percakapan.

Remaja sekarang dengan remaja jaman dulu sudah memiliki lifestyle yang beda khususnya dalam teknologi. Apalagi sekarang akses internet sudah mudah dan ada di mana-mana, di tambah lagi internet sudah bisa diakses lewat hape dan smartphone. Kalo dulu, laptop adalah barang yang “lumayan” mewah, sekarang pada rame-rame beli laptop. Ini adalah pengaruh kehadiran internet. Kalo dulu internet cuma identik dengan search engine, e-mail, chatting, dan game online, sekarang lagi booming Social Networking yang serasa udah jadi dunia sendiri di dunia maya. Emang sih dulu Friendster sempat jadi tren, tapi sekarang Facebook seakan-akan menjadi killer application di internet. Selain itu Twitter juga menjadi social networking yang menjadi tren juga.

Mari kita mulai dengan membahas Facebook atau Twitter, karena sebagian besar remaja dan pelajar pasti udah kenal sama aplikasi itu. Facebook atau Twitter sebagai sebuah teknologi tentu ada dampak positif dan negatifnya tergantung siapa yang menggunakannya. Banyak orang yang sukses membangun relasi kerja dengan FB, tapi banyak juga orang bermasalah gara-gara FB. Tak jarang kasus remaja bermunculan gara-gara FB. Yang penculikan lah, pencemaran nama baik lah, dikeluarkan dari sekolah gara-gara status yang jelek lah, dan banyak lagi.’’ Papar Okky Syahputra

Ini nih pentingnya pemberian materi etika pada pendidikan IT di sekolah-sekolah. Jadi mata pelajaran IT gak melulu tentang dunia komputer, tapi perlu juga tentang beretika tentang penggunaan teknologi. Adalah penting membuat pelajar melek IT untuk bisa menunjang prestasi belajarnya, tapi percuma saja jika mereka memanfaatkan IT untuk hal-hal yang melanggar norma kita. Contoh kecilnya saja, mengupload foto pribadi yang terlalu vulgar, update status Facebook dengan kata-kata kotor, atau caci maki yang tidak seharusnya diungkapkan di sana. Gak hanya di social networking sih, nulis sesuatu yang berbau adu domba SARA di dalam blog atau forum itu harusnya gak boleh. Oke, mungkin kita beranggapan kalo “itu kan di dunia maya” tapi justru dari sana bisa berakibat buruk di dunia nyata.

Pembekalan etika berteknologi ini sebenarnya gak harus pada saat remaja sih. Sejak umur anak-anak juga bisa, cuma masa remaja itu kan masa pencarian jati diri sehingga perlu adanya bimbingan ini. Di sini peran guru IT sangat diperlukan. Ane sih gak tahu kurikulum pendidikan IT di sekolah kayak gimana, kalo hal etika tidak ada maka pembimbing IT perlu menambahkan materi ini. Gak harus tiap minggu ngajarin etika, disesuaikan dengan materi yang ada juga. Jadi bisa sebulan sekali atau dua minggu sekali, tergantung enaknya gimana.’’ Papar nya lebih lanjut

Di kantor kami , setiap bulan selalu ada pembekalan di bidang IT , agar para praktisi IT dapat menjalan kan sesuai etika IT yang ada ,"SAVE OUR GENERATION & BRAVO IT INDONESIA," . ujar nya  sambil menutup pembicaraan.