REDAKSI SUARA RAKYAT BEKASI.JL. MAYOR HASIBUAN NO.14 BEKASI,JAWABARAT,INDONESIA.
email.suararakyatbekasi@gmail.comHOTLINE.HP.087878753510 - Biro Bekasi : JUHADI 02196607362 , HERU ASWAN 081997143007




pemdakota bekasi logo


Total Tayangan Halaman

Kamis, 21 Juli 2011

Milad MUI ke 36

Suara Rakyat Bekasi , Jakarta, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 25 hingga 27 Juli 2011 mendatang akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka Milad ke-36 lembaga tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Sultan dan The Twin Plaza Hotel, Jakarta, akan dilaksanakan antara lain seminar yang akan membahas berbagai topik aktual mengenai berbagai masalah agama, kemasyarakatan dan kenegaraan, sosialisasi fatwa di bidang penambangan ramah lingkungan, lailatul muhassabah yang diisi dengan doa dan zikir serta berbagai kegiatan lainnya.

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa milad MUI ke 36 kali ini akan dijadikan momentum untuk melakukan refleksi (muhasabah) bagi seluruh komponen di MUI. “Setelah berkhidmat selama 36 tahun, tentu kami harus melakukan perenungan dan refleksi diri mengenai apa yang sudah dilakukan MUI untuk umat serta apa yang belum dilakukan,” kata KH Ma’ruf Amin.

Oleh karena itu, tambah KH Ma’ruf Amin, dalam rangkaian milad ke-36 tersebut akan dibahas lebih dari 25 makalah sebagai topik bahasan seputar MUI yang melibatkan para ahli. Pembahasan tersebut antara lain meliputi perspektif sosial budaya, fatwa dan hukum Islam, landasan sertifikasi halal, bidang syariah, sosial politik, hingga perspektif MUI dan demokrasi di Indonesia.

Agenda lain yang tak kalah penting berkaitan dengan peringatan milad ke-36 MUI adalah penyelenggaraan peluncuran sekaligus sosialisasi fatwa penambangan ramah lingkungan, yang akan berlangsung pada 27 Juli 2011 di Hotel Sultan, Jakarta. Pada acara tersebut, selain akan diadakan diskusi panel yang menghadirkan pembicara antara lain pakar lingkungan hidup Prof. Dr. Emil Salim, dan Prof. Ir. Rachmat Witoelar dari Dewan Nasional Perubahan Iklim, juga akan diserahkan buku fatwa dari MUI kepada Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta.

MUI merupakan wadah atau majelis yang menghimpun para ulama, zuama dan cendekiawan muslim Indonesia untuk menyatukan gerak dan langkah-langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama. MUI berdiri pada tanggal, 7 Rajab 1395 H, bertepatan dengan tanggal 26 Juli 1975 di Jakarta, sebagai hasil dari pertemuan atau musyawarah para ulama, cendekiawan dan zu’ama dari berbagai penjuru tanah air.